Sunday, March 26, 2017

4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging, Apakah Anda Mengalaminya?


Assalamualaikum. Berjumpa lagi dengan blog sederhana saya Kogamaker.blogspot.com, Semoga Sahabat Setia Pembaca Kogamaker.blogspot.com selalu Sehat Amin :). Pada Kesempatan Ini saya akan memberikan infomarsi tentang 4 Tanda Anda Sedang Jenuh Blogging, Apakah Anda Mengalaminya?

Ngeblog atau menjalankan aktivitas blogging memang tengah menjadi tren yang digemari oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan berbagai motif dan tujuan, para blogger (sebutan untuk para pelaku blogging) menjalankan kegiatan manajemen blog ini dengan tekun. Bahkan saking seriusnya, para blogger ini tak jarang melupakan waktu dan agenda penting lainnya.
Namun blogger juga seorang manusia, tentunya di saat tertentu akan mengalami kondisi jenuh, sesuka apapun mereka pada aktivitas blogging ini. Rasa jenuh ini bisa disebabkan karena rentang waktu yang cukup lama berada di depan layar ataupun karena sudah terlalu lama melakukan kegiatan yang sama. 
Pentingnya Mengetahui Tanda Sudah Jenuh Ngeblog
Nah, saat seorang blogger sudah merasa jenuh dengan aktivitas blogging, maka sebaiknya mereka berhenti sementara waktu untuk istirahat atau melakukan penyegaran (refreshing). Sayangnya, tidak semua blogger menyadari bahwa dirinya sedang jenuh dan akhirnya terus memaksakan diri untuk ngeblog.

Saat blogger memaksakan diri untuk terus ngeblog dalam kondisi jenuh, maka hal ini akan berdampak pada kualitas tulisan yang menurun. Dan bila kualitas tulisan menurun maka sangat mungkin terjadi penurunan jumlah pengunjung atau visitor blog secara berangsur-angsur. Untuk itulah sebenarnya sangat disarankan kepada blogger bila sudah mengalami kejenuhan ngeblog agar beristirahat sejenak atau refreshing. Hal ini dilakukan supaya pikiran dan tubuh kembali fresh dan bertenaga lagi.
Tapi apa saja tanda kalau blogger dalam keadaan jenuh? Berikut tanda-tandanya.

1. Mengalami Kebuntuan Ide

Tanda pertama bahwa blogger dalam kondisi jenuh adalah mengalami kebuntuan ide. Setelah beberapa hari menulis artikel untuk blog bisa jadi tiba-tiba blogger mengalami kebuntuan ide untuk menulis artikel. Nah, saat Anda mengalami hal ini, maka bisa jadi Anda sebenarnya dalam keadaan jenuh. Memang bukan berarti terjadinya kebuntuan ide disebabkan sepenuhnya oleh faktor kejenuhan saja. Sebab mencari ide untuk tulisan blog sendiri memang bukanlah perkara yang mudah.

Seringkali meski kita sudah istirahat dan refreshing kita juga belum bisa menemukan ide untuk tulisan blog. Namun, dalam hal kebuntuan ide bukan berarti lantas tanda-tanda kejenuhan ngeblog ini bisa diacuhkan. Karena ketika blogger merasa jenuh, maka mereka umumnya akan sangat kesulitan untuk mendapatkan ide menulis untuk artikel blognya.

2. Sangat Sering Menulis Typo

Berikutnya, tanda bahwa sebenarnya blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah seringnya ia salah tulis (typo). Memang saat menulis artikel kita kadangkala tak bisa menghindari dari yang namanya typo. Menulis menggunakan keyboard memang bisa saja dan wajar bila ada salah ketik, tapi bagaimana bila kemudian kesalahan menulis ini sering terjadi dalam satu artikel? Tentu saja hal ini tidaklah wajar lagi. Ya, bila terjadi banyak kesalahan pengetikan maka biasanya hal ini terjadi karena suatu sebab yang salah satunya yaitu karena rasa jenuh.
Ya, saat pikiran sudah jenuh dengan aktivitas ngeblog umumnya blogger mengalami penurunan konsentrasi menulis dan juga menjadi kurang memperhatikan kata-kata yang diketik nya. Alhasil, tulisan yang berupa kata dan kalimat terlihat banyak terjadi kesalahan. Misalnya saat ingin mengetik kata “Sukses” malah mengetik “Suskes” berkali-kali.

3. Kesulitan Dalam Merangkai Kata

Anda merasa sulit untuk merangkai kata demi kata menjadi sebuah kalimat? Waspada, bisa jadi Anda sedang terkena kejenuhan dalam ngeblog. Pikiran yang jenuh dalam aktivitas apapun termasuk ngeblog bisa mengakibatkan kita kesulitan mengerjakan sebuah kegiatan, termasuk juga merangkai kata.

Namun, berapa waktu lama merangkai kata yang bisa dikatakan bahwa blogger sedang jenuh? Tentu saja hal ini kembali pada masing-masing blogger. Intinya jika Anda menulis artikel jauh lebih lama dari pada biasanya maka hal ini sudah bisa dijadikan pertanda bahwa Anda sedang dalam keadaan jenuh ngeblog. Segera hentikan dulu menulis, segarkan pikiran dengan cara refreshing melakukan hal lain yang Anda sukai.

4. Tidak Bisa Konsentrasi Dalam Menulis

Terakhir, tanda bahwa sebenarnya seorang blogger sudah dalam keadaan jenuh ngeblog adalah ketika dia sulit fokus atau tidak bisa berkonsentrasi saat menulis. Saat Anda mengalami ini maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus membuat konten karena hasilnya tidak akan bagus.

Berusahalah untuk memahami diri Anda dan lakukan analisis terhadap kualitas konten ketika Anda sedang menulis artikel. Semakin baik kemampuan konsentrasi Anda dengan dukungan lingkungan yang tanpa gangguan, maka semakin baik juga kondisi pikiran Anda sehingga mampu memproduksi konten yang berkualitas. Sebaliknya, semakin banyak gangguan yang menghampiri Anda ketika menulis konten untuk blog, maka itu bisa membuat Anda semakin terbenam dalam keadaan jenuh dan stress.

Jadi bagaimana, apakah saat ini Anda butuh refreshing?
Semoga bermanfaat dan meninspirasi Anda.

No comments: