Sunday, March 26, 2017

Sudah Efisienkah Cara Membangun Blog Anda? Coba Lakukan 5 Hal Ini




Assalamualaikum. Berjumpa lagi dengan blog sederhana saya Kogamaker.blogspot.com, Semoga Sahabat Setia Pembaca Kogamaker.blogspot.com selalu Sehat Amin :). Pada Kesempatan Ini saya akan memberikan infomarsi tentang Sudah Efisienkah Cara Membangun Blog Anda? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Membangun sebuah blog itu menurut hemat saya hampir sama dengan membangun sebuah bisnis. Jika kita membangun blog dari nol, maka kita juga dituntut untuk mampu memberikan perlakuan yang efisien pada blog yang kita bangun. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru akan membuat kita kehilangan banyak waktu dan energi. Dari pengalaman beberapa teman #blogger, bertindak cerdas dan sistematis lebih memungkinkan untuk mendapatkan sukses dari pada hanya asal-asalan dalam mengembangkan sebuah blog.

Saya rasa lebih baik bekerja secara efektif dan efisien ketimbang harus menghabiskan waktu dan energi kita dalam bekerja namun tidak menghasilkan sesuatu yang kita inginkan. Dengan bekerja secara teratur dan sistematis saja belum tentu bisa menghasilkan blog yang maksimal, apalagi yang mengerjakannya secara asal.

Namun demikian, tidak sedikit juga blogger yang mengerjakan blognya dengan sekehendak hati saja, ada ide langsung dikerjakan begitu saja. Untuk membangun sebuah blog dengan efisien, menurut hemat saya ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Tentu masing-masing orang mempunyai cara yang berbeda dalam hal ini.

1. Memetakan Daftar yang Harus Dikerjakan

Setiap kali akan mengerjakan atau membangun blog dari nol, yang harus dilakukan menurut saya adalah memetakan dan membuat daftar pekerjaan. Ini bisa bebas, tergantung Anda. Bisa diawali dengan riset, atau bisa juga dengan apa yang menjadi passion Anda, atau mungkin tentang hobi Anda sendiri.

Yang ingin saya katakan adalah, membuat daftar yang harus dikerjakan itu sangat penting dalam membangun sebuah blog. Ini bisa dikatakan sebagai sebuah roadmap untuk blog yang akan Anda kerjakan itu sendiri. Tanpa patokan yang jelas, saya rasa sangat sulit menentukan arah dari blog Anda. Yang ada nantinya akan membuat Anda menjadi tidak fokus dan bisa berhenti di tengah jalan.

2. Kerjakan Dengan Cerdas dan Sistematis, Jangan Asal

Ketika Anda sudah mempunyai daftar pekerjaan apa yang harus dikerjakan, selanjutnya Anda juga harus bisa mengerjakannya dengan cerdas dan sistematis. Patuhi dan lakukan daftar kerja yang sudah Anda buat, jangan menoleh ke pekerjaan yang lain sebelum selesai pekerjaan Anda.

Dengan bekerja secara sistematis sesuai dengan rencana, bisa membuat waktu lebih efisien dan tentunya akan membuat cara kerja Anda lebih ringan dan tidak yang pasti tidak kacau. Contoh sederhana misalnya, jangan blog masih belum ada artikel sudah Anda promosikan di berbagai media, itu adalah tindakan yang konyol.

3. Perhatikan Juga Perkembangan Blog, Lalu Lakukan Analisa

Setelah Anda melakukan apa yang ada dalam job list yang Anda buat, maka berikutnya adalah waktunya memperhatikan perkembangan blog Anda. Ini bisa Anda lakukan sesuai dengan rencana awal Anda membangun blog baru tersebut.

Lakukan analisa terhadap blog yang sudah Anda bangun, bisa dalam waktu satu bulan, dua bulan atau tiga bulan. Perhatikan perkembangannya, apakah cukup memuaskan dengan cara yang Anda lakukan, atau justru sebaliknya. Di sini nanti Anda mungkin saja akan menemukan berbagai masalah terkait blog yang Anda bangun.

4. Terapkan Metode yang Paling Efektif Ketika Membangun Blog

Karakter dari blog itu bisa bermacam-macam dan tidak sama antara satu blog dengan blog yang lain. Metode yang digunakan untuk membangun sebuah blog juga berbeda-beda. Metode satu mungkin bisa sukses terhadap sebuah blog, namun belum tentu berhasil pada blog yang lain.

Maka dari itu, di sinilah perlunya sebuah analisa. Dari hasil analisa yang Anda lakukan, pilihlah metode yang paling tepat dan sesuai untuk blog Anda. Lebih jauh lagi tentang promosi, #SEO dan lain-lain, juga sangat berpengaruh terhadap metode untuk mengembangkan sebuah blog.

5. Jangan Ragu Untuk Bertanya

Nah, ini adalah jurus yang paling ampuh menurut saya. Jangan ragu dan malu untuk bertanya, pada siapa saja yang Anda rasa berkompeten dalam bidang yang Anda butuhkan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengambil kursus atau sekolah yang saat ini sudah banyak tersedia.

No comments: