Sunday, March 26, 2017

5 Tips Agar Tetap Semangat dan Tidak Malas Untuk Blogwalking

semangat blogwalking

Assalamualaikum. Berjumpa lagi dengan blog sederhana saya Kogamaker.blogspot.com, Semoga Sahabat Setia Pembaca Kogamaker.blogspot.com selalu Sehat Amin :). Pada Kesempatan Ini saya akan memberikan infomarsi tentang 5 Tips Agar Tetap Semangat dan Tidak Malas Untuk Blogwalking



Sebagai bagian dari sebuah kegiatan #blogging, blogwalking atau berkunjung ke beberapa blog orang lain merupakan sudah menjadi kebiasaan para blogger. Dengan banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini seharusnya membuat para bloger bersemangat menjalankannya.

Namun sayang tak semua blogger memiliki semangat yang membara untuk melakukan blogwalking. Dari alasan tak tahu manfaat blogwalking hingga tak punya waktu untuk mengakses #internet, mereka merasakan malas untuk melakukannya.

Sekali lagi karena kegiatan blogwalking ini banyak manfaat yang bisa didapat seperti memperbanyak teman #blogger, menambah ilmu dan traffic blog, maka Anda sebagai blogger harus menjadikan blogwalking sebagai kegiatan yang rutin untuk dijalankan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa blogger terapkan untuk selalu giat dan tidak malas untuk melakukan blogwalking.

1. Niatkan Untuk Blogwalking Positif

Tips pertama untuk tetap semangat dan tidak malas blogwalking tentu saja adalah niat. Di sinilah semua bermula dan berawal. Kata pepatah bilang semua perbuatan dimulai dari niatnya. Jika Anda mengawali kegiatan blogwalking dengan niat yang baik, maka tentu saja kemungkinan besar akan menghasilkan sesuatu yang baik pula dan sebaliknya jika blogwalking Anda niatkan untuk sesuatu yang tidak baik, maka hal buruk adalah yang akan menjadi hasilnya.

Maka dari itu tatalah niat Anda saat akan blogwalking hanya untuk sebuah kegiatan positif seperti menambah pertemanan, ilmu dan saling memberikan komentar dan kunjungan. Dengan niat yang baik dan positif maka kegiatan blogwalking Anda akan semakin menyenangkan hingga membuat Anda terus bersemagat menjalaninya.

2. Santai, Tidak Perlu Terburu-buru

Dengan alasan untuk meninggalkan jejak dan mendapat kunjungan balik, seringkali terjadi blogwalking yang berlangsung secara cepat dan terburu-buru. Tentu saja hal ini kurang etis. Ibarat bertamu masuk ke rumah orang, maka setidaknya minimal ada beberapa menit Anda berbicara sebelum Anda meninggalkan rumah orang tersebut.

Jika Anda baru datang dan kemudian hanya menyampaikan satu-dua kata dan kemudian pergi lagi tentu saja hal ini hal yang kurang etis. Penggambaran orang bertamu ini juga sama seperti blogwalking, sebagai tamu Anda harus bisa menghormati sang empunya blog.

Maka dari itu saat blogwalking Anda tak perlu terburu-buru. Baca saja seluruh artikel yang ada dengan baik-baik sebelum Anda memutuskan berkomentar dan meninggalkan blog. Dengan kunjungan yang santai dan tidak terburu-buru ini maka blogwalking Anda akan semakin berkualitas dan menambah semangat.

3. Hargai Blogger Lain

Sebagai sesama blogger sudah seharusnya kita saling mendukung dan tidak saling menjatuhkan. Meskipun blog yang Anda kunjungi ternyata tak sesuai dengan keinginan dan kemauan Anda, Anda tak boleh lantas menyerang mereka dengan komentar yang menyudutkan. Berikan komentar yang baik dan tak menyinggung perasaan sang blogger.

Meremehkan (underestimate) pada orang lain ini memang tidak layak dilakukan dalam menjalani kehidupan ini termasuk di dunia blogging. Bukan berarti blogger yang sekarang kurang profesional lantas akan seterusnya demikian, bisa saja mereka melewati pencapaian Anda tanpa Anda sadari dikemudian hari. Menghargai karya tulis orang lain ini merupakan salah satu sikap positif yang bisa membuat Anda selalu betah untuk rutin menjalankan blogwalking.

4. Tetap Ikhlas

Seringkali yang juga membuat malas untuk blogwalking adalah adanya harapan-harapan yang terlalu ditargetkan, seperti harus mendapatkan kunjungan balik dan lainnya. Saat mereka blogwalking dan ternyata tak mendapatkan kunjungan balik maka mereka langsung merasakan malas untuk melanjutkan blogwalking lagi.

Maka dari itu saat blogwalking Anda harus sepenuh hati dan iklas untuk melakukannya tanpa ada motif apapun. Saat Anda sudah bisa ikhlas saat menjalankan blogwalking, maka Anda akan merasakan manfaat dan semangat yang luar biasa untuk melakukan blogwalking lagi.

5. Bergabung Dengan Komunitas Blogger

Terakhir, tips untuk tetap semangat dan tidak malas untuk blogwalking adalah dengan bergabung dengan #komunitas blogger. Komunitas bogger ini jumlahnya sangat banyak dan mudah ditemukan. Buka saja mesin pencari dan media sosial Anda, maka komunitas blog pun akan tampil untuk Anda pilih satu atau beberapa diantaranya.

Komunitas blogger yang merupakan wadah perkumpulan para blogger ini seringkali menyajikan dan menawarkan pada para anggotanya beberapa list postingan blog yang terbaru dan tentunya akan membuat Anda kembali bersemangat untuk blogwalking.