Tuesday, March 28, 2017

Apa saja Affiliate Marketing, Bisnis Yang Cocok Untuk Blogger Pemula cari tahu?

Bisnis-Affiliate-Marketing


Bagi blogger pemula atau seorang yang baru saja terjun ke dunia blogging tentu bukanlah perkara mudah untuk menjalankan monetisasi blognya. Dengan sedikit pengetahun dan pengalaman tentu mereka masih akan melewati tahap awal atau rintisan dengan sebuah kondisi dimana tidak semua layanan monetisasi bisa dijalankan saat itu. Apalagi untuk menghasilkan uang dari Google Adsense, butuh proses yang tidak sebentar.

Seorang blogger pemula umumnya harus menunggu waktu yang lama untuk bisa diterima dan bergabung menjadi publisher Google Adsense. Selain harus membangun website atau blognya dengan baik terlebih dahulu, blogger pemula juga harus menunggu konfirmasi pihak Google bahwa blognya tersebut telah memenuhi ToS dari Google Adsense.

Dari sini muncul pertanyaan apakah memang tidak cara lain yang bisa dijalankan untuk menghasilkan pendapatan bagi blogger pemula ini? Tentu saja ada banyak metode yang bisa dijalankan di internet oleh seorang blogger pemula untuk menghasilkan uang dari blognya, bahkan untuk ukuran blog gratisan sekalipun.

Salah satu cara make money online yang cocok bagi blogger pemula adalah bisnis affiliate marketing. Seperti apakah bisnis affiliate ini, dan apa kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya.

Apa Itu Affiliate Marketing?


Affiliate marketing adalah sebuah proses pemasaran di Internet yang dilakukan dengan cara menjualkan produk-produk milik orang lain, baik itu produk digital ataupun produk berbentuk fisik. Pendapatan akan diperoleh blogger ketika terjadi penjualan dari link unik yang telah disediakan oleh merchant kepada kita. Biasanya earning yang diberikan pihak pemilik bisnis adalah sistem komisi yang besarnya biasanya ditentukan di awal oleh pemilik produk atau merchant.

Sederhananya, jika dikaitkan pada realita dunia nyata, maka seorang affiliate marketer adalah makelar atau perantara. Namun perbedaannya, bila di dunia nyata seorang makelar biasa mendapatkan komisi 1%-10%, maka seorang affiliate marketer di dunia internet umumnya mendapatkan rata-rata komisi sebesar 25%-80% setiap kali berhasil menjual produk dari link affiliasinya.
 

Keuntungan Bisnis Affiliate Marketing


Bagi seorang blogger pemula, tentu menjalankan affiliate akan membawa banyak keuntungan. Salah satunya adalah bebas modal atau biaya (tentunya selain biaya modem dan kopi). Untuk peluang mendapatkan mitra pihak penyedia affiliate ini cukup besar, karena jumlahnya banyak.

Dari situs luar negeri, kita bisa mengikuti program affiliate yang telah populer yaitu Amazon.com, ClickBank.com, CJ.com, dan lainnya. Sedangkan untuk situs dalam negeri beberapa pihak penyedia program affiliate yang cukup menjanjikan dan terpercaya diantaranya Lazada.co.id, Bhinneka.com, Ratakan.com, dan lainnya. Selain bermitra dengan perusahaan penyedia affiliate tadi, kita juga dapat mengikuti program affiliate dari penjualan buku eletronik yang kini juga ada banyak dan bisa terpercaya.

Selain mendapatkan penghasilan, menjalankan bisnis affiliate marketing juga akan membantu para blogger pemula dalam membangun blog menjadi lebih profesional. Blog yang membutuhkan konten tentu harus selalu diupdate. Nah saat kita tidak memiliki ide tulisan, maka dengan mencari produk dari program affiliate yang diikuti maka akan muncul banyak ide tulisan untuk blog Anda.
Yang Perlu diperhatikan Dalam Bisnis Affiliate Marketing

Untuk menjalankan bisnis affiliate ini, kita harus memperhatikan beberapa hal:


Pertama, kita harus memperhatikan keyword atau kata kunci konten blog yang akan kita buat, dalam dunia blogging hal ini disebut dengan niche blog. Beberapa penyedia affiliate seperti Amazon, Lazada, atau Bhinneka akan memperhatikan beberapa blog dengan niche tertentu, biasanya berbentuk artikel review. Review di sini artinya kita akan melakukan promosi produk yang dimiliki perusahaan tadi (Amazon, Lazada, Bhineka) dengan menuliskan ulasan produk pada blog niche yang kita bangun.

Kedua, untuk mereview sebuah produk dengan baik kita harus memperhatikan kualitas tulisan review yang kita buat. Jangan serta merta hanya menyalin deskripsi produk ke dalam postingan. Kalau bisa, ubah kata-katanya menjadi bahasa atau kata-kata Anda sendiri tanpa ada unsur promosi iklan. Dengan cara seperti ini biasanya kita akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan mitra bahwa tulisan tersebut benar-benar tulisan review dan bukan tulisan promosi.

Ketiga, dalam setiap postingan review yang dibuat, kita harus memberikan tautan atau link affiliate dan beri kata-kata yang dapat menggiring pembaca melakukan transaksi. Setiap kali visitor meng-klik link affiliasi tersebut nanti akan diarahkan ke halaman merchant. Dan jika mereka melakukan pembelian dari link affiliate kita, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Permasalahan dan Tantangan Bisnis Affiliate


Dalam setiap bisnis, termasuk bisnis affiliate, pasti ada yang namanya permasalahan, tantangan ataupun resiko. Permasalahan dan tantangan dalam bisnis affiliate ini sendiri adalah pada teknik membuat artikel yang harus Anda ketahui pokok permasalahannya.

Tidak mudah untuk membuat artikel ulasan atau sales page untuk promosi produk, selain kita harus menyesuaikan dengan permasalahan di masyarakat, terkadang kita juga harus menyesuaikan pula dengan permintaan pihak penyedia affiliate. Maka dari itu artikel atau sales page yang kita buat harus terlihat komprehensif atau menyeluruh dengan menjabarkan hal-hal dari apa yang terjadi di masyarakat dengan kesesuaian produk dan permintaan perusahaan, jika memang ada.

No comments: